Sukses Pemilihan 2019, Firdaus Marvel’s Jadi Narasumber Kelas Demokrasi KPU Muba

TIMESMUBA, SEKAYU – Peserta relawan demokrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin menjadi semangat setelah dimentori oleh Firdaus Marvel’s.

Antusiasme peserta dibuktikan dengan keseriusan peserta mengikuti setiap rangkaian acara dengan mendengarkan dan tepuk tangan yang meriah kepada mantan Ketua KPU Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2014-2019 tersebut.

Karena dianggap mampu memberikan contoh konkrit pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan dengan kerja nyata, sebagai modal bagi relawan demokrasi dalam mengawal pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Banyuasin memberikan apresiasi Bapak Firdaus Marvel atas keberhasilannya memimpin dan melaksanakan rangkaian Pilkada Bupati, Pilkada Gubernur dan Pemilu 2014 – 2019, sehingga dipercaya menjadi narasumber pada acara Kelas Demokrasi KPU Sumatera Selatan Tahun 2022 di Kabupaten Musi Banyuasin yang digelar secara serentak 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan pada hari Sabtu, (03/09/2022). diruang rapat KPU MUBA di Jl.Sekayu-Muara Teladan Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Musi Banyuasin.

Peserta yang mengikuti sebanyak 25 orang berasal dari 15 Kecamatan yang ada sangat antusias menerima materi yang disampaikan oleh Pak Firdaus yang saat ini menjabat Direktur Bidang Umum Perumda Air Minum Tirta Randik dengan mengusung tema ‘Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu’.

Menurut Firdaus, keberhasilan pelaksanaan selama menjabat sebagai ketua KPU selama 5 tahun dengan tingkat partisipasi Pemilu 2018 sebesar 83 persen. “tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih menjadikan visi dan misi selama menjadi komisioner agar KPU sukses sebagai penyelenggara pemilihan itu sendiri”terangnya

Adapun materi yang disampaikan antara lain adalah Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu, pentingnya Pemilu dalam negara demokrasi, cara berpartisipasi dalam Pemilu atau Pemilihan, bentuk partisipasi dalam Pemilu dan Pemilihan, serta hak dan kewajiban masyarakat dalam pemilu.

Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab banyak peserta yang meminta kiat dan pengalaman agar sukses menjadi relawan demokrasi. Kemudian acara diakhiri dengan yel-yel serta foto bersama para peserta.

Pemilu kali ini adalah pemilu serentak pada tahun 2024 sesuai dengan peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

“Adapun dasar hukum partisipasi masyarakat dalam pemilu adalah Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat”tutup Firdaus Marvel’s sekaligus Sekretaris PPI Musi Banyuasin.

Editor;Rahman

Array

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait