Pemkab Muba Sabet Juara kedua Fashion Show Wastra Nusantara di APKASI Otonomi Expo 2023

TIMESMUBA, SEKAYU – Pemerintah Kabupaten Muba kembali meraih prestasi pada kegiatan Penutupan APKASI Otonomi Expo (AOE) di Hall Indonesia Convention Center 2023 Tangerang, dihadiri menteri investasi merangkap kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, didampingi direktur eksekutif Apkasi Salman Simanjorang.

Berakhir juga perlombaan Fashion Show Wastra Nusantara yang diikuti oleh 12 peserta dari total 38 peserta Pemerintah Kabupaten se-Indonesia, yang diselenggarakan di Hall 3-3A ICE BSD, 20-22 Juli 2023 Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, Sabtu (22/07/23).

Kabupaten Muba menjadi satu-satunya Kabupaten yang mewakili Provinsi Sumsel dalam lomba Fashion Show Wastra Nusantara, yang menggunakan bahan limbah getah gambir, produk lokal unggulan.

Selain pemenang produk kearifan lokal , pengumuman pemenang ajang Anugrah jurnalistik Apkasi 2023 menarik prhatian kalangan media. Katagori media cetak terbaik diraih oleh Media Indonesia.Sementara katagori media online terbaik diraih oleh Detik.com.

Termasuk pemenang lainya katagori booth dan stand kreatif, inovatif, edukatif, dan hospitality diumumkan.

Gambo Muba berhasil unggul di peringkat kedua setelah bersaing dengan 11 Kabupaten di 8 Provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Tenggara, Banten, Kalimantan Selatan, Bali, Jambi, Papua, Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kepala dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP yang hadir langsung diajang penutupan Apkasi expo ini menyampaikan bahwa Muba telah menampilkan fashion terbaiknya gambo hasil kreasi dibuatkan berdasarkan kreativitas para desainer lokal kabupaten Muba dan memadupadankan dengan aksesoris tambahan yang juga hasil kreasi produk kreativitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)/Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Muba.

“Persiapan yang di lakukan untuk mengikuti kegiatan Fashion Show Wastra Nusantara ini hanya dua minggu, dengan menampilkan beberapa look produk fashion dari limbah getah gambir yang diinisiatori oleh Thia Yufada Dodi Reza telah menarik perhatian Wapres RI KH.Ma’ruf Amin saat pembukaan rakernas Apkasi 2023 dua hari yang lalu.

Pj.Bupati Muba H.Apriyadi Mahmud dalam arahannya hingga telah berakhirnya pameran ini berharap bahwa nanti ke depannya potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) terus berkolaborasi dengan sektor lain, selain sektor pariwisata sehingga bisa terus maju dan bersaing dalam komitmen hexahelix pariwisata dan ekonomi kreatif, serta produk ekonomi kreatif Kabupaten Muba bisa mengembangkan potensinya terus di berbagai event nasional maupun internasional.

“Semoga potensi unggulan UMKM dan Ekraf Kabupaten Muba bisa terus berkolaborasi dengan sektor lain sebagai satu rangkaian ekosistem pengembangan ekonomi kreatif sehingga bisa terus maju dan produk Ekraf bisa terus diakui keberadaannya sebagai produk unggulan. Dan menjadi kebanggan produk lokal,” imbuh Apriyadi. 

Editor; Rahman

Array

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait