Implementasikan Kurikulum Merdeka, SMP 4 Muara Enim Gelar Market Day

 

TIMESMUBA, Muara Enim – Bertempat di SMP Negeri 4 Muara Enim menggelar sebuah acara yang sangat menarik, yaitu giat market day. Acara ini melibatkan siswa-siswa kelas 7 dan 8, yang dengan antusias mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Dalam pembukaan acara, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Muara Enim Jumran SH.MM menyampaikan bahwa market day merupakan salah satu bagian dari kurikulum merdeka . Kegiatan yang bertema kewirausahaan dan melibatkan para siswa dan guru pendamping (Jumat, 3/11/2023)

Salah satu wali murid dari M. Mutawaqil Haq, menyatakan bahwa kegiatan market day ini sangat bagus untuk melatih anak-anak agar menjadi mandiri dalam usaha. Hal ini menunjukkan bahwa acara ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi siswa, tetapi juga mendapat apresiasi dari para orang tua.

Dengan adanya market day ini, para siswa dapat belajar berbagai hal, seperti mengelola keuangan, memasarkan produk, dan berinteraksi dengan pembeli. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas dan bakat mereka dalam berwirausaha.

Tentunya, kegiatan seperti market day ini sangat penting dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa di luar kegiatan akademik. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di sekolah-sekolah lainnya, sehingga anak-anak dapat memiliki kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi dunia nyata di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut , Kepala sekolah SMP 4 Muara Enim , Jumran SH ,MM menyebutkan market day merupakan bagian dari kurikulum merdeka dan termasuk sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan tetap mengurangi pola kegiatan belajar mengajar pada sekolah .

” Kegiatan sudah untuk kedua kalinya pak, kami lakukan pak di tahun 2022/2023 sekarang Market day adalah salah satu program Kurikulum Merdeka, yang harus dilakukan setiap sekolah yg sudah Kurikulum Merdeka, ini namanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5) hanya dilakukan 30 ℅ , istilahnya kalau Kurikulum K 13, Kegiatan Estra kurikulernya ,70℅ tetap Intrakurikuler namun Proses Belajar Mengajar seperti biasa ,” Beber Jumran SH MM , Kepala sekolah SMP 4 Muara Enim .

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan olehnya sebagai bagian peran aktif dalam menyampaikan kegiatan sekolah dalam penerapan informasi sehingga memudahkan mengakses kegiatan sekolah .

” SMPN 4 Muara Enim, sudah memiliki ( Chanel YouTube , Red) dan Informasi kegiatan SMPN 4 Muara Enim , ada di youtube ,” Pungkasnya.(mr)

Array

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait